Monday, 27 February 2017

TRIK SALES MARKETING KELILING


Dunia marketing memang sangat kompleks. Marketing ujung tombak perusahaan atau produk dagangan. Marketing tidak berjalan alamat usaha akan bangkrut dan hilang dari peredaran.

Marketing sepengetahuan saya adalah profesi yang menekuni dunia usaha pemasaran produk atau barang. Marketing tidak hanya jago teori tapi juga harus mumpuni didunia nyata dalam perdagangan.

Hampir setiap usaha perdagangan pasti didukung marketing handal. Keilmuan dan pengalaman seorang marketing sangat diperhitungkan.

Profesi salles berbeda dengan profesi marketing. Seorang marketing biasanya jebolan bangku kuliahan, sedangkan salles biasanya minimal lulusan sekolah menengah. Saya tidak ingin membedakan profesi satu sama lain. Yang jelas seorang marketing rata-rata punya skil dasar-dasar penjualan. Sedangkan salles menjadi ujung tombak seorang marketing.

Tidak jarang juga seorang salles bisa menjadi ahli marketingan karena didukung pengalaman lapangan.

Nah saya ingin cerita tentang trik dan tehnik jualan keliling dilapangan. Melihat di kota-kota besar banyak salles keliling sambil menawarkan barang dagangan, saya mengambil beberapa kesimpulan tentang trik salles marketing keliling dalam menembus pasar.

Pertama yang saya amati dari para salles marketing keliling baik itu individu atau atas nama perusahaan adalah mental mencari penghasilan. Seorang salles marketing yang tidak punya tujuan yang kuat akan menambah beban operasional perusahaan. Nah bagi para salles marketing keliling ada beberapa tips dan trik dalam berjualan diantaranya sebagai berikut :

1. Niatkan dalam diri bahwa mencari rezeki itu wajib dan setiap rezki sudah ada yang mengatur dan membaginya. Tugas seorang salles marketing adalah menjual barang atau produk. Masalah laku atau tidak laku yang penting tawarkan. Ingat rezeki di tangan Tuhan, sedangkan uang ditangan manusia.

2. Berpakaian dan berpenampilan yang wajar, kesopanan seorang salles marketing bisa dilihat cara dia berpenampilan. Hargai dan hormati diri anda sendiri niscaya orang lain akan menghormati dan menghargai anda.

3. Kenali dan pelajari barang atau produk yang akan anda jual, kelebihan, keistimewaan, keutamaan yang melekat pada barang atau produk jualan. Tak kenal maka tak sayang, pepatah itu harus anda camkan. Bila seorang salles marketing tidak tahu dan tidak kenal barang dagangan, bagaimana mungkin bisa menjual dan meyakinkan.

4. Siapkan kalimat-kalimat sopan, yang sudah anda rangkum dari mengenal dan mempelajari barang atau produk dagangan yang akan dijual. Hal ini guna menghindari tata bahasa belepotan. Ingat ilmu jawa "aji ning diri gumantung ing lathi, aji ning rogo gumantung ing busono".

5. Amati dan pelajari calon konsumen yang anda temukan. Apa kesukaannya, apa kebutuhanya apa minatnya dan bagaimana kondisi kejiwaanya. Gali kesukaanya ikuti alur pembicaraanya dan masukan penawaran anda dengan menyelipkan kalimat yang sudah anda tata. Jangan langsung menawarkan produk dagangan anda sebelum terjadi keakraban.

6. Tawarkan produk dan barang dagangan anda dengan jujur, apa adanya. Terangkan kelebihan, keistimewaan, keunggulan, kemudahan secara singkat. manjakan calon konsumen dengan diskon, bonus, garansi kalo ada, kalo tidak ada ya cukup manjakan calon konsumen dengan kata-kata sanjungan yang tulus.

Nah demikian beberapa trik dan setrategi salles marketing keliling yang pernah saya lakukan. Barang kali bisa diambil manfaat silahkan.

No comments:

Post a Comment