Monday, 13 March 2017

Markrting itu penting

Semalam ketika membeli sate di salah satu warung lengganan.  Saya melihat ada seorang wanita yang sangat energik, berpotongan rambut pendek menggunakan jaket warna cream dan bercelana jeans. Dalam penglihatanku, tingkah laku dan gaya yang ia gunakan dalam berkata-kata tidak asing bagi saya sebagai mantan marketing, saya ini marketing amatiran.

Dengan diam-diam melihat perilakunya, Naluri intelijenku seperti radar menyala otomatis, pendengengaranku sama perhatianku tertuju pada percakapan kedua orang yang tepat di belakangku. dengan hati-hati aku perhatikan pembicaraanya sambil membenahi posisi duduku agar tidak mencurigakan mereka berdua. Telinga fokus pada pembicaraan bisnis mereka apa yang sedang tetjadi pada mereka berdua menjadi perhatian utamaku. Kemudian setelah tahu apa yang mereka bicarakan baru aku fokus pada pendengaran produk atau jasa apa yang mereka bicarakan.

Maklum pada tahun-tahun ini hampir seluruh kegiatan ekonomi mengalami penurunan hampir semua bidang. Melihat harga minyak bumi dan batu bara yang menjadi andalan negara tiba-tiba pasaran anjlok. Harga minyak goreng yang bersumber dari kelapa sawit mengalami fluktuasi harga yang tidak menentu. bahkan cabe dan jengkol juga ikut fluktuasi yang notabene tidak ada yang memperjualbelikan di bursa saham.

Melihat banyaknya PHK dan pensiun dini serta membludaknya jumlah pencari kerja baru, otomatis menambah beban negara dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini menyediakan lapangan pekerjaan.

Melihat dan memperhatikan sebagian para pencari kerja, pada umumnya mereka suka kerja kantoran. Bisa dibuktikan setiap ada penerimaan pegawai negeri sipil jumlah pelamar membludak. Antrean panjang berderet didepan loket pengambilan formulir.

Saya sangat terkesan dengan kegigihan seorang marketing yang menawarkan produknya hingga larut malam hari. Pikir saya mbak marketing ini pekerja keras, mulai pagi aku yakin dia sudah mulai bekerja dan pulang istirahat sebentar mandi ganti baju, berangkat kerja lagi.

Marketing memang pekerjaan yang tidak terikat oleh ruang dan waktu. Dimana ada prospek disitu jiwa seorang marketing akan bekerja tidak akan kenal dimana tempat kapan waktunya asalkan yang bersangkutan berkenan meladeninya.

Marketing adalah pekerjaan yang sangat vital dalam Sebuah perusahaan. Seorang marketing bisa menghidupi hampir seluruh karyawan sebuah perusahaan. Jadi jangan dianggap enteng dan sepele profesi seorang marketing.

Nah biasanya pengumuman lowongan pekerjaan bidang marketing jarang diminati. Lebih-lebih tertulis salles marketing. Padahal kesuksesan seseorang diawali dari jiwa marketing yang selalu melihat segala sesuatunya dijadikan peluang. Tidak jarang seorang pengusaha berawal dari marketing. Oleh karenanya bila ingin meniti karier di perusahaan alangkah baiknya di mulai dari marketing.




No comments:

Post a Comment