Friday, 3 March 2017

OPTIMALKAN PENAMPILAN DALAM JUALAN

Dalam istilah jawa disebutkan bahwa "aji ning rogo gumantung ing busono". Ternyata falsafah tersebut tidak kosong belaka makna yang kita dapatkan sangat relevan di dunia salles dan marketing  dalam meningkatkan penjualan. Penampilan dan Perfoma fisik seorang salles marketing sangat menentukan.

Biasa kita lihat seorang salles marketing berpakaian rapi, hal ini sebenarnya sangat wajar bila seorang salles atau juru jual punya keinginan meningkatkan penjualan. Dari cara berpakaian seseorang dapat dinilai apakah dia dalam kondisi prima atau dalam keadaan kejiwaan yang kurang setabil. Bila pakaian yang di kenakan seorang salles kurang rapi atau berpenampilan alakadarnya atau malah acak-acakan konsumen akan merasa enggan.

Penampilan merupakan persoalan mendasar bagi seorang juru jual. Ibarat seperti pepatah jawa yang disebutkan tadi diatas. Aji ning rogo gumantung ing busono yang artinya harga sebuah raga terletak pada busana. Tidak heran bila semua raja mayoritas memiliki baju kebesaran, hal ini dilakukan demi menjaga kewibawaan itu sendiri. Pakaian juga menandakan setatus pemakainya. Dalam ilmu teater bila seorang berpakaian ala kadarnya biasanya berperan pembantu, bisa seseorang itu berpakaian parlente atau serba necis dan wangi itu berperan sebagai juragan.

Nah dari paparan diatas tententunya kita sudah dapat pencerahan pentingnya penampilan bagi seseorang terlebih seorang salles marketing atau juru jual. Berpakaian atau berpenampilan sebenarnya tidak perlu mahal-mahal yang penting masuk setandart kerapian, kesopanan.

Penting juga bagi seorang salles marketing atau juru jual memperhatikan hal-hal diatas. Sebab penampilan dan pendapatan berbanding  lurus. seorang salles atau matketing akan mempunyai kepercayaan diri bila berpakaian yang nyentrik.

Kepercayaan diri dari seorang salles marketing nampak pada cara ia berpenampilan. Lihat saja seorang salles atau juru jual yang mengunakan jas,komplit dengan dasi dan warna celana serasi akan lebih berwibawa bila di banding berpakaian ala kadarnya saja. Perbedaan itu bila kita sandingkan akan sangat kentara antara yang memakai jas dan berpakaian biasa saja.

Memang tidak semua clossing penjualan disebabkan karena penampilan seorang salles marketing saja. Dan perfoma juga tidaj dipengaruhi oleh mahalnya pakaian. Namun pakaian sangat menandakan seseorang dan kepribadian.

Berjualan atau sallesman pada umumnya hanya memikirkan target-target penjualan namun tidak memperhatikan faktor-faktor suksesnya berjualan. Nah salah satu faktor suksesnya seorang sallesman atau juru jual adalah penampilan tadi. Penampilan tidak hanya fokus pada mahalnya pakaian akan tetapi perfoma yang ada di dalam jiwa.

Sallah seorang marketing akan nemilirkan hal-hal yang mendukung suksesnya penjualan. Diantaranya adalah seragam pakaian, kenapa hal ini menjadi perhatian dalam suksesnya berjualan?. Mari kita perhatikan keunggulan pakaian seragam dalam membantu suksesnya berjualan bagi sallesman.

Yang pertama yang sangat menyolok kelebihan serombongan salles yang berpakain seragam adalah menandakan kekompakan dan satu tujuan pikiran. Sekumpulan manusia bila di kasih seragam yang sama akan mudah mengatur dan menyatukan fikiran dan tujuan, itu salah satu keistimewaan salles berpakaian seragam.

Yang kedua yang bisa kita gali dari pakai seragam salles adalah adanya kekompakan, kekompakan akan sangat terlihat dengan seragam. Sebuah contoh barisan tentara yang melakukan parade, mereka berjalan dengan langkah yang indah, kompak, dan tidak ada rasa canggung dalam menapakan langkah kaki mengikuti alur irama barisan.

Kemudian keuntungan yang lebih adalah mudahnya terciptakanya brand. Bila anda seorang pengusaha yang membutuhkan brand dari produk anda, dalam memasarkan sangat efektif bila meberikan pakaian seragam seluruh salles lapangan karyawan anda. Hal ini jadi sangat efektif membangun brand produk dibanding memasang iklan disurat kabar dan baliho billbord di sepanjang jalan. Tentu lebih murah dan efisian, karena salles yang berseragam secara otomatis akan membangun brand produk anda.

Sebuah contoh keuntungan dari memberikan pakain seragam bagi seluruh karyawan sebuah perusahaan dagang adalah naiknya tingkat kepercayaan publik. Secara tidak langsung pesan yang disampaikan dengan pakaian seragam karyawan adalah makmurnya seluruh karyawan, karyawan merasa diperhatikan mulai dari pakaian sudah mendapat perhatian apalagi kesejahteraan, paling tidak pesan itu yang bisa digangkap oleh sebagian publik.




No comments:

Post a Comment